Friday, March 26, 2010

Menyelidiki penipuan terhadap konsumen




Wartawan investigasi selalu hampir mendapat apresiasi yang tinggi dari public ketika berhasil mengungkap kasus penipuan konsumen. Konsumen biasanya ditipu oleh iklan yang menyesatkan, penjual yang culas, barang yang bermutu rendah atau harga yang terlalu mahal.
Wartawan mungkin maju selangkah lagi dan mengambil keputusan untuk terlibat dengan menjadi sebagai korban dengan menanggapi iklan atau telepon dan kemudia melaporkannya kepada pihak yang berwewang. Mereka mungkin juga menyamar menjadi calon tenaga penjaja untuk mengungkap apa yang tampaknya merupakan taktik penjualan yang curang.

Berita investigasi terhadap konsumen bisa berkisah tentang korban, menyebutkan nama pelakunya ataupun menuntut tindakan dari pejabatnya. Penipuan terhadap konsumen tidak hanya sebatas pada bisnis swasta atau individu. Pemerintah bisa memegang peranan sebagai penipu dari jarak jauh terhadap konsumen ketika sedang mengelola program public, seperti tunjangan penganguran atau bantuan kesejahteraan.publik mencari bantuan dari media ketika pemerintah mulai bertele-tele dan tidak jujur.
Wartawan investigasi memiliki cara khusus dalam mengungkap masalah penipuan.
a. Mereka menemukan besarnya masalah dengn berbicara dengan instansi yang menampung keluhan konsumen.
b. Mereka mempelajari sebagian aspek teknis dari masalah konsumen dengan professional yang bisa mengajari mereka.
c. Mencari orang yang sudah menderita penipuanguna mendengarkan kisah mereka.
Wartawan bisa mendapatkan informasi masalah penipuan dari instansi yang menampung keluah konsumen. Antara lain :

a. Biro bisnis lebih baik. Adalah sebuah organisasi yang didanai oleh kalangan bisnis untuk menyingkirkan apel busuk yang merusak citra bisnis mereka.
b. Kelompok bantuan hukum. Beberapa organisasi swasta didanai untuk menyediakan kelompok bantuan hukum bagi mereka yang tidak memiliki pengacara. Kelompok bantuan hukum menampung keluhan dan membantu didalam maupun diluar pengadilan.
c. Pengadilan. Bahkan rakyat kecil dapat pergi ke pengadilan dan mendapatkan bantuan atas ketidakadilan ringan. Arsip pengadilan demikian terbuka.
d. Organisasi warga. Suatu kelompok besar konsumen bisa saja bersatu untuk membentuk organisasi yang longgar. Kelompok ini berguna bagi wartawan untuk memberikan pengetahuan nyata tentang subjeknya.
e. Penipu ynag sudah bertobat. Mantan penipu yang bertobat merupakan sumber yang tidak usah dikatakan lagi kredibilitasnya.
Untuk menghasilkan partisipasi yang lebih aktif wartawan bisa menggunakan berbagai sarana antara lain :
a. Bekerja dengan skema. Wartawan bisa bekerja dengan langsung ikut berpartisipasi sebagai calon penjaja dalam sebuah skema kasus penipuan.
b. Melakukan survey terencana. Survey ini akan menunjukan secara langsung kesempatan yang sah dengan sebuah rayuan penipuan.

Menyelidiki bisnis swasta.

Tanggung jawab wartawan juga mencangkup tentang sector swasta untuk memantau apakah pemerintah sudah menjalankan tugasnya dalam mengatur bisnis tersebut dengan semestinya. Karena memang pemerintah yang berhak untuk mengatur bisnis swasta. Tanggung jawab ini juga termasuk pengecekan atas perusahaan yang memiliki kontrak dengan pemerintah. Untuk memastikan apakah public mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kontrak tersebut.

Untuk tujuan wartawan investigasi, bisnis dapat dibagi menjadi beberapa kelompok dan kemudian diteliti.
Usaha nirlaba
Ketika wartawan melihat sebuah organisasi nirlaba, mereka memastikan untuk mengetahui apakah pengurusnya mengambil keuntungan dari status dengan menyalurkan uang ke usaha lain yang mereka jalankan. Mereka yang menggunakan usaha nirlaba mungkin akan menggunakan keuntungan posisi dan menyewakan kekayaan mereka dengan sewa yang mahal untuk kepentingan mereka sendiri atau dengan melakukan kontrak dengan perusahaan pencari laba yang lain. Ini jelas merupakan penyalah gunaan status nirlaba mereka dan bertentangan dengan kepentingan umum.

Usaha pencari laba

Korporasi diatas kertas.
Korporasi diatas kertas mungkin mempunyai fungsi sebagai mendapatkan kontrak atau menyewakan lagi kekayaan mereka kepada korporasi lain. Jika pilihan diberikan kepada kelompok wanita atau kaum minoritas dalam pemberian kontrak pemerintah atau orang-orang tertentu tidak boleh mendapatkan kontrak karena bisa menimbulkan konflik kepentingan. Maka korporasi diatas kertas bisa dibentuk sebagai jalan tengah untuk menyamarkan keterlibatan mereka yang sebenarnya dan memenuhi persyaratan pemerintah.
Korporasi profesi.
Korporasi ini didirikan agar profesi seseorang terpisah dari kehidupan mereka. Karena seseorang bertanggung jawab atas perilaku profesinya maka jarang menjadi persoalan dalam menceritakan sebuah berita investigasi apakah sebuah tindakan sudah dilakukan oleh seseorang; tetapi pemisahan ini untuk akan terlihat dalam kasus pengadilan dan dokumen public lain.
Kemitraan.
Kemitraan dibentuk untuk menjalankan usaha kecil untuk menanam modal diusaha yang lebih besar. Mitra usaha umum dalam kemitraan itu mengendalikan usaha itu dan bertanggung jawab atas operasinya. Mitra usaha terbatas tidak bekerja secara aktif namun mendapakan laba.
Korporasi swasta.
Korporasi ini menjalankan toko dan pabrik membangun gedung dan menyediakan jasa layanan keuangan. Karena dimiliki swasta mereka tidak wajib untuk menunjukan laporan keuangan mereka. Mereka memang menunjukan laporan keuangan mereka ke pemerintah namun hanya bersifat swasta guna untuk penghitungan pajak.
Walaupun catatan keuangan mereka bersifat pribadi namun wartawan invetigasi punya bekal untuk menyelidiki korporasi swasta melalui sejumlah besar arsip public.
a. Kasus pengadilan. Pengadilan perdata adalah tempat yang kumuh bagi dunia perdagangan. Ketika usaha kecil bekerja keras untuk mencari kepercayaan public justru korporasi swasta menyingsingkan lengan baju untuk mengupayakannya melalui pengadilan. Perusahaan satu menggugat perusahaan lain karena tidak membayar utang, melanggar perjanjian. Arsip itu terbuka bagi public dan mencangkupo kesaksian dibawah sumpah.
b. Arsip real estate. Usaha kecil memiliki gedung darimana mereka menjalankan usaha mereka dna mereka mendapatkan modal dengan jaminan gedung itu. Arsip public tentang kepemilikan property dan hipotik mungkin menyediakan informasi penting tentang usaha kecil.
c. Perizinan. Kebanyakan usaha eceran membutuhkan izin untuk beroperasi dan diperiksa oleh pejabat local. Laporan pemeriksaan usaha biasanya bersifat public.

Korporasi public.
Inilah usaha yang paling banyak berpengaruh. Merka termasuk perusahaan minyak, penerbangan, dan jaringan hotel. Perusahan juga melapor kepada instansi-instansi penngatur. Perusahaan asuransi harus melaporkan keuangan mereka ke negara dan arsip mereka terbuka untuk public. Wartawan harus mengetahui instansi mana yang mengatur perusahaan yang sedang mereka teliti.
Informasi itu sangat berharga ketika wartawan menyelidiki praktik umum sebuah jenis jasa . proyek demikian akan melibatkan banyak penelitian atas sebagaimana mungkin perusahaan itu dan mempelajari bagaimana mereka diatur wawancara dengan pemimpin tentang bagaimana mereka beroperasi dan publikasi perdagangan.
Sumber lain dari informasi ini adalah karyawan dan mantan karyawan. Karyawan yang dipecat biasanya dapat dibujuk tentang hal itu. Nama mereka biasanya dapat ditemukan dalam daftar nama dipengadilan. Namun informasi yang diberikan oleh orang-orang ini tidak bersifat documenter. Informasi ini hanya sebagai petunjuk dan arahan bagi seorang wartawan.

Menyelidiki pelayanan kesehatan.

Dalam menyelidiki pelayanan kesehatan wartawan mungkin akan memilih untuk hanya melihat aspek biayanya saja dan meyerahkan berita beritya teknisnya kepada specialist. Tapi kompetensi dan prosedur medis mungkin juga diselidiki wartawan jika mereka mau menyisihkan waktu untuk memahami pengetahuan bidang tertentu dalam pelayanan kesehatan sampai tingkat dimana mereka mereka bisa secara akurat menyederhanakan dan menyampaikan pengetahuannya kepada pembaca.

Biaya
Sebuah fasilitas kesehatan mungkin juga meminta bayaran tinggi kepada pasien. Jika itu adalah perusahaan pencari laba maka mereka akan membatasi jumlah pengeluaran dan mengambil uang hasil usaha mereka untuk dijadikan laba. Jika itu perusahaan nirlab maka mereka akan merancang cara-cara menarik uang dari fasilitas itu dengan menyewakan peralatan atau melakukan kontrak dengan perusahaan pencari laba yang mereka miliki. Cara demikian akan mendorong tingginya biaya perawatan kesehatan tanpa meningkatkan pelayanan.
Laporan keuangan
Rumah sakit dan fasilitas perawatan lainnya yang dibiayai oleh medicare dan medicaid harus menyampaikan laporan keuangan kepada dinas kesehatan dan pelayanan kemanusiaan A.S. perusahaan nirlaba juga harus membuat laporan keuangan public kepada dinas pendapatan dalam negeri.
Tagihan pasien.
Sebuah dokumen lain yang bisa memberikan informasi lain tentang fasilitas pelayanan kesehatan adalah tagihan rinci. Tagihan ini merupakan arsip pribadi tetapi pasien yang yakin bahwa dia ditagih berlebihan mungkin mau memperlihatkannya kepada wartawan. Tagihan yang dibiayai atas nama pemerintah mungkin bersifat public setelah nama pasien dan informasi pribadi lainnya sudah dihapus.
Survey
Satu cara lain untuk menyelidiki biaya fasilitas medis adalah dengan memisahkan semua tagihan yang bersifat medis dengan tagihan yang bersifat tidak medis seperti biaya obat, ruang bedah dan layanan ruang gawat darurat. Dua perhitungan terpisah itu akan menunjukan berapa jumlah biaya yang ditarik jasa diluar jasa medis di fasilitas tersebut. Angka-angka itu bisa dibandingkan dengan angka-angka rumah sakit lain untuk menetukan mana diantara mereka yang menghabiskan uang paling banyak dibidang yang dianggap paling vital.
Kompetensi
Investigasi dalam kompetensi pelayanan kesehatan akan mencangkup penelitian atas fasilitas dan para professional yang menjalankan perawatan kesehatan. Kesimpulan kompetensi sulit untuk dicapai namun wartawan investigasi mempunyai sarana tersendiri untuk membantu mereka.
Pemeriksaan
Rumah sakita dan panti asuhan adalah jenis usaha yang paling diatur oleh pemerintah A.S. fasilitas pelayanan adalah sasaran dari sederet petugas pemeriksaan dalam membuat laporan arsip public.
Izin medis
Seorang professional medis biasanya mendapatkan izin dari sebuah dinas atau divisi esndiri didalam dinas pemberi izin.pejabat badan pengatur mendengarkan keluhan tentang praktik selain dari biaya yang ditarik den mencabut izin. Keputusan demikian dapat oleh dewan praktis yang berizin dan berpengalaman dalam bidang yang sama halnya dengan praktisi yang menimbulkan masalah tersebut. Keputusan itu tidaklah final karena praktisi medis dapat naik banding dalam system peradilan perdatauntukj membatalkan keputusan itu.wartawan investigasi pertama-tama akan memastikan bahwa seorang dokter sudah mendapatkan izin manakala ia mengaku sebagai professional dengan memajang sebuah papan nama atau iklan wartawan mengecek bagian pemberi izin negara bagian dan universitas dimana orang itu mengaku sudah belajar. Para profesioanal yang izinnya sudah dicabut satu Negara bagian mungkin saja akan berpindah ke Negara bagian yang lain. Sebadgian malah ada yang menipu kelas berat karena tidak memiliki surat izin atau pendidikan medis, memalsukan keterampilan dan sertifikat mereka.


Tuntutan hukum.
Beberapa dokter beresiko digugat dengan dakwaan malpraktik karena mereka bekerja diruang darurat atau bidang-bidang yang sangat sulit seperti bedah. Maka besarnya keluhan malpraktik tidak selalu berarti kurangnya kompetensi. Namun keluhan malpraktik dapat menjadi penting dalam menguraikan prosedur medis dan mengindentifikasi pasien yang kemudian bisa diwawancarai oleh wartawan.

Merancang penyelidikan televisi

Laporan investigasi untuk jaringan televisi local, jaringan berita dan sindikasi.

Sebuah stasiun siar mempunyai signal yang mencakup kawasan metropolitan ataupun regional atau pasar. Pasar metropolitan adalah sebuah kawasan perkotaan luas dengan jumlah penduduk melampaui satu juta jiwa . pasar regional sendiri terdiri dari sebuah kota yang lebih kecil yang membentuk kawasan perdagangan. Pasar metropolitan dan regional dengan persaingan langsung malalui liputan lokallah yang memanfaatkan ketrampilan wartawan investigasi.

Laporan investigasi untuk pasar tv regional.
Wartawan investigasi hidup dari persaingan jurnalistik dan itu sebabnya stasiun tv regional memberikan kesempatan yang lebih besar ketimbang Koran kecil. Seorang wartawan mungkin akan percaya bahwa akan tidak popular kalau menyelidiki tokoh setempat dalam sebuah pasar yang jarang penduduknya kareba kesetiaan local.

Pasar tv regional
Laporan investigasi di pasar tv regional punya bobot kepentingan dan penampilan yang tinggi. Berita sering diupayakan untuk ditampilkan pada jam-jam penuh penonton dan berita demikian biasanya diiklan dulu. Setiap kawasan mungkin banyak unit pemerintah, biasanya sebuah universitas besar dan beberapa perguruan tinggi, industri khusu yang mempekerjakan banyak orang jelas ada keprihatinan lingkungan. Stasiun tv regional mungkin tidak selalu memiliki wartawan yang bisa ditugaskan sepenuhnya untuk menyelidiki berita tapi wartawan yang lebih senior mungkin bisa dipanggil untuk menggarap berita extra special ini.

Pasar tv metropolitan
Stasiun tv besar mungkin memiliki program laporan investigasi penuh sering dengan tim wartawan tetap yang punya nama sendiri seperti channel three spotlight group. Mereka seterampil dengan rekan mereka dimedia cetak, yang juga menganggap mereka sebagai pesaing. Seperti Koran kota besar, stasiun tv besar pun juga mengingkan berita investigasi yang berkembang menjadi berita tyang heboh. Dan mereka ingin investigasi yang terencana itu disiarkan pada jam sibuk untuk mendapatkan penghargaan jurnalistik yang bergengsi.

Ide berita untuk pasar besar
Selain luasnya jajaran ide berita dipasar regional, kawasan yang lebih besar memiliki keprihatinan soal transportasi, Bandar udara, perumahan rakyat, anggaran pemerintah local dengan angka-angka yang mencengangkan. Berita yang akan unik dipasar adalah misalnya apakah wilayah wilayah berpengaruh tertentu mendapatkan pelakuan yang lenih baik ketimbang wilayah lain. seperti sekolah, taman dipemukiman yang lebih baik mendapatkan perawatan yang lebih baik dari pada dipemukiman miskin.

Pelaporan investigasi jaringan berita dan sindikasi tv nasional.
Divisi dari jaringan berita punya uang dan keterampilan untuk menyiarkan secara nasional berita-berita penting dan hasil kerja mereka sangat bergengsi. Jaringan berita-berita menyisipkan berita investigasi selama siaran berita mereka dan punya program khusus yang berjangka panjang yang disebut dengan berita investigasi.perilaku tidak pantas ditingkat tinggi di pemerintahan dan isu kesehatan, keselamatan dan social ditingkat nasional adalah tonggak dalam program investigasi jaringan program.
Program berita jaringan dan sindikasi televise menyoroti berita investigasi untuk alas an yang sama dengan media berita lain, karena berita itu mendebarkan, sering melibatkan kamera tersembunyi dan jenis jurnalisme asli bisa dipromosikan lebih dulu.
Stasiun nirlaba yang di tunjang dana masyarakat bisa menghasilkan berita investigasi. Ciri laporan mereka lebih panjang dan lebih dalam daripada laporan investigasi tv lainnya. Berita mereka tidak perlu disisipi iklan mungkin lebih bebas dari pengaruh iklan. Sementara persaingan dan seni panggung merupakan bagian dari pelaporan investigasi tv dan ganjarannya adalah khalayak yang menghargainya wartawan sukses tahu bahwa mereka punya musuh yang sama yakni orang-orang yang mengambil keuntungan dari pembayar pajak dan konsumen.

No comments:

Post a Comment